3.10.2013

Manfaat sebuah pelukan

Pelukan adalah ungkapan sayang dan cinta kepada anak, suami, istri, dan orang yang kita sayang lainnya. Dan tak pernah kita sadari ada manfaat di balik pelukan itu. Terbukti memeluk, memegang tangan,dan mengusap kepala membuat hidup seseorang lebih bahagai. Tidak hanya itu, manfaat lain dari pelukan itu adalah.


1.  Sentuhan dari orang yang kita sayang akan meningkatkan hemoglobin di dalam darah. Hemoglobin merupakan salah satu bagian dari tubuh yang membawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk jantung dan otak. Suplai hemoglobin yang meningkat ini secara ilmiah akan mempercepat proses penyembuhan setelah sakit.



2.  Memeluk seseorang yang anda sayang sebanyak empat kali  sehari bisa menjauhkan kita dari depresi. Secara ilmiah, delapan pelukan sehari akan memberikan kestabilan mental, dan 12 pelukan sehari akan membantu perkembangan psikologis seseorang. Penelitian lain menyebutkan manfaat pelukan, di antaranya mengurangi stres, membantu pola tidur yang sehat, memberi semangat, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


3. Sebuah penelitian yang dilakukan University of California, membuktikan betapa dahsyatnya sentuhan dari suami, istri, bahkan pacar. Sebanyak 25 perempuan yang menjadi objek penelitian diberi semacam panas yang membuat mereka merasa kesakitan. Lalu mereka dipersilakan memegang bola kecil, tangan pria asing, dan tentunya tangan pasangan. Ajaibnya, ketika mereka saling berpegangan dengan tangan pasangan, rasa sakit yang dirasakan jauh berkurang dibandingkan ketika mereka memegang bola kecil atau tangan pria asing.


4. Penelitian lain dilakukan oleh Journal of Epidemiology and Community Health mengungkapkan fakta bahwa bayi yang sedari lahir selalu diberi sentuhan (pelukan, ciuman, belaian) pertanda kasih sayang oleh orangtuanya tumbuh menjadi pribadi yang tak mudah stres.

2 komentar: